• Home
  • Menonton Musabaqah Hafalan Alquran yang Menegangkan

Menonton Musabaqah Hafalan Alquran yang Menegangkan

Siang itu, lomba hifz Alquran (hafalan) diberhentikan mendadak. Penonton yang memenuhi ruangan hingga duduk di bawah dirapikan oleh panitia. Beberapa saat setelahnya, datang tamu perwakilan dari negara Arab dan negara tetangga lainnya. Mereka datang untuk menyaksikan final lomba hafalan Alquran pada ajang MTQ.


Para tamu ini datang tepat ketika final hifzil Quran 10 juz hendak akan dimulai. Seolah hendak turut serta mendukung dua kafilah UM pada cabang 10 juz yang masuk final, yaitu Fazlur Rahman Rahawarin dan Makiatul Madaniah.

Kafilah putra UM, Fazlur Raharawin mendapatkan nomor urut tampil pertama. Penampilannya menjadi pembuka yang dinikmati berbagai kalangan. Semua terpukau oleh keindahan suara menggunakan lagu berbeda pada lima pertanyaan yang diberikan dewan juri. Mahasiswa Jurusan Akuntansi ini merupakan hafizh 30 juz, santri Pondok Pesantren Salaf Alquran Asy-Syadzili.

Penampilannya mendapatkan penghargaan sebagai juara kedua dan menyumbangkan tiga poin untuk UM. Sesaat setelahnya, peserta putri UM pun dipanggil untuk tampil.
Pendukung kafilah UM pun tegang. Pasalnya, nada yang digunakan oleh Makiyah, perwakilan putri UM ini, sangat merdu dan lambat sehingga semua ikut terbawa dalam hanyutan hafalannya.

Ternyata, sempurna! Dari lima pertanyaan yang diajukan, Makiyah berhasil melanjutkan ayat tanpa ada kesalahan. Hal unik dari mahasiswi Jurusan Sastra Arab yang sudah hafal 30 juz ini adalah ia selalu menangis setiap selesai tampil. Tangisnya baru berhenti setelah ditenangkan oleh Ustadz Yusuf Hanafi. Juri pun mengakui kemampuan Makkiyah dengan menganugerahkan medali emas juara pertama kepadanya.

Source :http://komunikasi.um.ac.id/2015/11/perjuangan-membangun-tradisi-juara-umum/

Posting Komentar

Recent News

[latest][5][recentright]

Info Penting

Jargon Pesantren
Membumikan Al-Qur'an, melangitkan manusia
Visi Misi PPSQ Asy-Syadzili
Terselenggaranya pendidikan berkualitas dan tercukupi fasilitas secara presentatif sehingga mewujudkan takhrij (Alumni) yang hafal Al-Qur'an Wa Ma'nan Wa 'Amalan.
Lembaga Pendidikan Dibawah Naungan Yayasan
SMP IT Asy-Syadzili
SMA IT Asy-Syadzili
SMA IT Asy-Syadzili
Kegiatan Ekstrakulikuler
Seni Qiro'ah 'Ashr
Seni Tilawatil Qur'an
Seni Banjari
Seni Syarhil Qur'an
Seni Fahmil Qur'an
Seni Kaligrafi
Seni Beladiri
Qiro'atul Qutub.
banner