Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Mulai chat...

Keutamaan Bulan Rajab

Pada awal bulan Rojab, tepatnya seusai sholat dhuha di PPSQ Asy-Syadzili Sumberpasir, kami selaku santri mengikuti kegiatan mengaji sorogan yang langsung disampaikan oleh guru kami yakni Abuya KH. Abdul Mun’im Syadzili. Di waktu tersebut Abuya membuka penjelasan terkait bulan Rojab dan amalan yang di dalamnya.


Abuya menjelaskan bahwa tidak ada hadist yang menyebutkan untuk puasa bulan Rojab. Akan tetapi banyak hadist yang menjelaskan tentang anjuran memperbanyak puasa di Asyhurul Hurum dan bulan Rojab juga termasuk didalamnya. Jadi memperbanyak puasa di bulan Rojab termasuk kesunnahan. Paling tidak kita menjalankan puasa minimal 3 hari.

Dengan hal itu Abuya menganjurkan bagi kita untuk berpuasa meski hanya 3 hari. Hal ini dikuatkan dengan dawuh Abuya yang demikian “ Kalau bisa memperbanyak puasa di bulan Rojab, atau minimal 3 hari. Lha kok 3 hari gak mampu, Yo ojo dadi santri (sembari Abuya tersenyum kepada kami).”

Bagaimana terkait niat puasanya?. Abuya memberikan penjelasan bahwa untuk berniat cukup kita niatkan puasa sunnah. Dengan niat tersebut sudah mampu sah untuk kita menjalani puasa di bulan Rojab.

Selain berpuasa, Abuya memberitahukan bahwa memperbanyak doa:

اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان

Hal ini dikuatkan dengan hadist:

رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي

“Rojab adalah bulannya Allah, sya’ban adalah bulanku (Nabi Muhammad SAW), dan romadhon adalah bulannya umatku (umat Nabi Muhammad SAW)”. Maka dari itu kita dianjurkan (juga) untuk memperbanyak istighfar di bulan rojab.

Dengan beberapa anjuran ini Abuya berharapa kepada kita semua selaku santri untuk menjalaninya, supaya kita semua mempu meneladani amalan-amalan yang sholih yang dilakukan oleh ulama’ salaf. Dan dengan amalan tersebut kita bersama-sama berharap dalam meraih keberkahan di bulan Rojab, dan sampai di bulan Sya’ban, dan mampu bertemu dengan bulan Romadhon, yakni bulan yang paling utama.

Semoga dengan apa yang telah dijelaskan oleh Abuya diatas mampu memberikan manfaat kepada kita semua dan mampu mengambil hikmah didalamnya.

“Namung damel pepiling damel kito kalean panjenengan sedanten terkhusus semua alumni ugi santri Asy-Syadzili untuk ngelampahi siyam ten lebete wulan Rojab. Kranten saking Abuya mewajibkan bagi kito sedanten (selaku alumni kalean santri Asy-Syadzili) ten pundi mawon panggenane”. (…Al-Fatihah).

Salam Ta’dhzim Kami,
Creator Team Asy-Syadzili Center
15 Maret 2020 M / 20 Rojab 1441 H
Sumberpasir, Pakis, Malang

Tags :

Posting Komentar